Micin juga banyak digunakan sebagai alternatif pupuk dengan harga yang murah. Oleh sebab itu, pupuk micin banyak digunakan oleh para petani atau orang-orang yang gemar berkebun yang memiliki anggaran terbatas.

Manfaat Micin untuk Tanaman

Berikut ini adalah manfaat micin untuk tanaman yang dihimpun dari berbagai sumber.

  1. Meningkatkan kesehatan tanaman

Penggunaan micin untuk tanaman dapat meningkatkan produksi tanaman dan membuatnya bebas dari penyakit dan hama.

  1. Meningkatkan kadar air tanaman

Senyawa natrium yang terdapat di dalam micin dapat meningkatkan kandungan air di dalam tanaman. Dengan demikian, micin dapat mencegah tanaman kekurangan air.

  1. Menyehatkan bunga

Tanaman berbunga juga dapat menggunakan micin sebagai perawatan rutin. Micin mengandung potasium yang dapat membuat bunga jadi lebih sehat.

  1. Meningkatkan kualitas tanah

Bahan organik yang terdapat di dalam micin juga dapat meningkatkan kualitas tanah dan membantu retensi air sehingga tanah jadi kaya nutrisi dan menyehatkan tanaman.

Tak hanya itu, belerang yang terkandung di dalam micin juga berfungsi sebagai desinfektan tanah dan membersihkannya dari bakteri penyebab penyakit.

  1. Membuat tanaman tahan dari hama dan penyakit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa micin dapat membuat tanaman terhindar dari hama dan penyakit. Kalium yang terdapat dalam micin dapat menjaga ketahanan tanaman terhadap penyakit.

Selain itu, kalium dalam micin juga dapat mengatur pembukaan dan penutupan stomata, meningkatkan fotosintesis dan metabolisme tanaman.

Bagaimana Cara Menggunakan Micin untuk Tanaman?

Apabila Anda ingin menggunakan micin sebagai pupuk semprot, Anda dapat melakukannya di malam hari agar daun memiliki waktu untuk menyerap cairan. Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut.

-Isi wadah dengan kurang lebih 5 liter air.

-Tambahkan 1-2 sendok makan micin, lalu aduk rata.

-Masukkan dalam botol semprot dan semprotkan pada daun atau bagian tanah tanaman secukupnya.

Nah langkah ini dapat langsung Vittorian terapkan supaya tanaman Vittorian bisa semakin cantik. Vittoria Residence diapit oleh dua halte TransJakarta yakni Dispenda dan Jembatan baru, Memiliki stasiun KRL dalam kawasan yakni stasiun Bojong Indah, kereta bandara, dan MRT sehingga Vittorian gak usah pusing lagi dengan kemacetan ibu kota Jakarta! Hunian berkonsep TOD ini hadir dengan 3 tipe unit apartemen yakni studio, one bedroom, dan two bedroom. Dengan cicilan mulai dari 3,5 juta/bulannya ditambah lagi dengan promo-promo menarik seperti tanpa DP, free AKAD dan asuransi jiwa, subsidi cicilan selama 24 bulan pertama dan masih banyak lagi, anda sudah bisa mendapatkan hunian impian ini loh! Nah tunggu apa lagi? Yuk langsung hubungi Whatsapp kami di 0811 964 8989 dan jadwalkan kunjunganmu sekarang!

 

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20221118130300-289-875499/5-manfaat-micin-untuk-tanaman-dan-cara-menggunakannya