Jalan kaki disebut dapat membantu upaya penurunan berat badan. Penelitian terbaru menemukan jumlah langkah kaki per hari yang bisa membantu mencegah kenaikan berat badan.

Orang dewasa dengan berat badan normal bisa mengambil 8.600 langkah per hari. Sementara orang dewasa dengan kelebihan berat badan bisa mengambil 11 ribu langkah dalam sehari.

Menurut peneliti sekaligus dokter spesialis jantung Evan Brittain, seseorang benar-benar dapat mengurangi risiko obesitas dengan berjalan kaki lebih banyak.

Studi yang diterbitkan Senin (10/10) di jurnal Nature Medicine ini juga menemukan manfaat utama dari mengambil jumlah langkah yang tinggi, yakni mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti diabetes, sleep apnea, hipertensi, depresi, dan GERD.

Studi tersebut menganalisa rata-rata empat tahun aktivitas dan data kesehatan lebih dari 6 ribu peserta di National Institutes of Health’s All of Us Research Program.

Peserta diminta untuk mengenakan pelacak aktivitas selama 10 jam sehari. Kemudian, peneliti mengakses catatan kesehatan elektronik yang telah dikumpulkan selama beberapa tahun.

Penelitian ini menanyai orang yang berusia antara 41 hingga 67 tahun dan memiliki tingkat indeks massa tubuh dari 24,3 (kisaran berat badan sehat) hingga 32,9 (kisaran berat badan obesitas).

Para peneliti menemukan bahwa orang yang berjalan 8.200 langkah sehari lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami obesitas, sleep apnea, GERD, dan gangguan depresi berat.

Diketahui, sleep apnea dan GERD merespons baik penurunan berat badan. Penurunan berat badan dapat mengurangi tekanan pada tenggorokan dan perut.

Studi ini juga menemukan bahwa peserta yang kelebihan berat badan dapat menurunkan risiko obesitas jika mereka meningkatkan langkah menjadi 11 ribu dalam sehari.

Vittorian bisa membangun kebiasaan untuk hidup sehat loh! Vittoria Residence dilengkapi oleh fasilitas yang menunjang untuk kamu memulai hidup sehat seperti Gym area, Botanical Pool, Jogging track, dan basketball court. Eitss gak sampai situ aja, Vittoria Residence diapit oleh dua halte TransJakarta yakni Dispenda dan Jembatan baru, Memiliki stasiun KRL dalam kawasan yakni stasiun Bojong Indah, kereta bandara, dan MRT. Hunian berkonsep TOD ini hadir dengan 3 tipe unit apartemen yakni studio, one bedroom, dan two bedroom. Dengan cicilan mulai dari 3,5 juta/bulannya ditambah lagi dengan promo-promo menarik seperti tanpa DP, free AKAD dan asuransi jiwa, subsidi cicilan selama 24 bulan pertama dan masih banyak lagi, anda sudah bisa mendapatkan hunian impian ini loh! Nah tunggu apa lagi? Yukl langsung hubungi Whatsapp kami di 0811 964 8989 dan jadwalkan kunjunganmu sekarang!

 

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20221013183302-255-860271/studi-temukan-jumlah-langkah-kaki-ideal-untuk-turunkan-berat-badan