Praktisi kedokteran olahraga lulusan Universitas Indonesia dr Wawan Budisusilo Sp.KO mengatakan orang-orang umumnya memerlukan delapan hingga duabelas pekan untuk dapat meningkatkan kemampuan dalam berolahraga. 

Seseorang yang sudah menjalani enam bulan berolahraga maka bisa dikatakan olahraga menjadi bagian kebiasaannya. 

Wawan mengingatkan, berhenti atau jeda berolahtaha karena berbagai macam alasan setidaknya dua minggu dapat menurunkan kemampuan seseorang sekitar 20%. Oleh karena itu, dia menyarankan orang-orang tetap aktif di sela kesibukan. 

Menurut dia, sebelum berolahraga, orang juga perlu mengetahui denyut nadi maksimum dengan menghitung 220 dikurangi usia, Kemudian, angka ini digunakan untuk menghitung intensitas olahraga. Untuk intensitas sedang misalnya dihitung dengan rumus 64 – 76% dikalikan denyut nadi maksimum. 

Seseorang dengan usia 40 tahun, denyut nadi atau heart rate maksimumnya 180. Intensitas yang mungkin baik bagi dirinya adalah 64 – 76% dari denyut nadi maksimal yakni sekitar 115 – 135. Hal ini agar olahraga yang dia lakukan aman dan bermanfaat bagi kesehatan. 

Berdasarkan penelitian, berolahraga rutin memiliki sejumlah manfaat antara lain meningkatkan imunitas, menurunkan risiko terkena penyakit jantung, stroke, diabetes, hipertensi dan penyakit lain dehingga kualitas hidup lebih baik. Dalam berolahraga, seseorang perlu menerapkan salah sutanya FITT yang merupakan akronim dari Frequency, Intensity atau Intensitas, Time atau waktu, Type atau Tipe. 

Frekuensi olahraga dilakukan sebanyak tiga hingga lima kali dalam seminggu, dengan intensitas sedang yang salah satunya dibuktikan dengan tes berbicara. Kemudian, olahraga dilakukan dengan durasi 30 – 45 menit di luar pemanasan dan pendinginan dan tipe atau jenis olahraga yang benar yakni melibatkan latihan keuatan dan kardio. Contoh olahraga yang sesuai dengan prinsip FITT antara lain jalan cepat, jogging, bersepeda statis, senam, dan berenang. 

Vittorian bisa membangun kebiasaan untuk hidup sehat loh! Vittoria Residence dilengkapi oleh fasilitas yang menunjang untuk kamu memulai hidup sehat seperti Gym area, Botanical Pool, Jogging track, dan basketball court. Eitss gak sampai situ aja, Vittoria Residence diapit oleh dua halte TransJakarta yakni Dispenda dan Jembatan baru, Memiliki stasiun KRL dalam kawasan yakni stasiun Bojong Indah, kereta bandara, dan MRT. Hunian berkonsep TOD ini hadir dengan 3 tipe unit apartemen yakni studio, one bedroom, dan two bedroom. Dengan cicilan mulai dari 3,5 juta/bulannya ditambah lagi dengan promo-promo menarik seperti tanpa DP, free AKAD dan asuransi jiwa, subsidi cicilan selama 24 bulan pertama dan masih banyak lagi, anda sudah bisa mendapatkan hunian impian ini loh! Nah tunggu apa lagi? Yukl langsung hubungi Whatsapp kami di 0811 964 8989 dan jadwalkan kunjunganmu sekarang!

Sumber: https://kalteng.antaranews.com/berita/600125/dokter-sebut-perlu-delapan-pekan-untuk-tingkatkan-kemampuan-olahraga