Berikut cara cerdas hemat listrik yang bisa diterapkan agar tagihan tak membengkak.

1. Tingkatkan sirkulasi udara rumah 

Memanfaatkan jendela sebagai penerangan dan sumber angin di siang hari bisa menjadi salah satu solusi hemat listrik karena jika sirkulasi udara di rumah terjaga dengan baik dengan adanya jendela yang terbuka, penggunaan kipas angin atau AC akan menjadi lebih sedikit. 

2. Matikan lampu saat tak dibutuhkan dan beralih pada lampu LED 

Salah satu cara cerdas menghemat tagihan listrik adalah dengan menggunakan lampu Light Emitting Diode (LED). Meskipun relatif lebih mahal dari lampu pijar biasa, lampu LED bisa membantu menghemat listrik karena lampu pijar hanya mengubah 10 persen energi yang digunakan menjadi cahaya, sisanya justru menghilang menjadi panas. 

3. Membeli peralatan rumah yang hemat energi 

Banyak peralatan rumah tangga yang menawarkan produknya hemat energi. Membeli peralatan rumah tangga dengan model demikian dapat membantu menghemat penggunaan listrik. 

4. Gunakan kabel standar 

Untuk menghemat penggunaan listrik, gunakan kabel standar menurut Peraturan Umum Instalasi Listrik (PIUL). Untuk rumah tinggal dengan daya listrik 900 VA dan 1.300 VA, kabel tunggal yang digunakan harus berukuran 1,5 mm hingga 2,5 mm. 

5. Hindari pengaturan suhu AC terlalu rendah 

Semakin rendah pengaturan suhu AC, semakin tinggi pula daya yang digunakan karena daya yang dipakai kompresor akan semakin banyak akibat lamanya termistor sebagai sensor mengirimkan suhu ke kompresor. Saran terbaik suhu untuk rumah tinggal antara 24-25 derajat Celcius.

Tips untuk menghemat listrik ini dapat langsung anda terapkan di hunian anda loh Vittorian!! Hunian di Vittoria Residence kapasitas listrik Studio dan One bedroom di 2.200 watt dan two bedroom di 3.500 watt. Gak hanya itu aja, lokasi Vittoria Residence juga strategis yang memudahkan Vittoria untuk melakukan mobilisasi dimana Vittoria Residence mengedepankan konsep TOD yang dekat dengan semua transportasi umum di jakarta seperti Halte TransJakarta Dispendan dan Jembatan Baru, Stasiun KRL Bojong Indah, Kereta bandara dan Toll JORR 2. Hadir dengan tiga tipe unit apartemen yakni studio, one bedroom dan two bedroom. Dengan cicilan mulai dari 3,5 juta/bulan dan promo rental guarantee selama 24 bulan, anda bisa langsung memiliki aset investasi yang dijamin cuan! Jangan sampai ketinggalan! Segera hubungi Whatsapp 0811 964 8989 sebelum kehabisan unit!

Sumber: https://gaya.tempo.co/read/1635737/tips-menghemat-listrik-agar-tagihan-tidak-membengkak