PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan mengubah (retrofit) armada bus tenaga diesel menjadi tenaga listrik.

Untuk mengubah bus yang telah ada menjadi bus bertenaga listrik, Transjakarta pun bekerja sama dengan PT VKTR Teknologi Mobilitas dan perusahaan spesialis elektrifikasi kendaraan komersial asal Inggris, Equipmake Holdings PLC.

Hal tersebut dilakukan demi mempercepat transformasi dari energi fosil ke energi yang lebih ramah lingkungan.

Direktur Utama Transjakarta Yana Aditya mengatakan dengan kerja sama tadi, pihaknya akan melakukan pilot project terlebih dahulu pada beberapa armada tahun ini.

“Jadi ada beberapa bus kami yang nanti akan diganti mesinnya dari tenaga diesel ke listrik,” ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Pusat Transjakarta, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (18/8).

Yana pun menargetkan pada pada 2030 sudah ada 10 ribu bus listrik yang beroperasi. Namun, dengan upaya meretrofit bus tenaga diesel ini ia yakin target itu bisa diwujudkan dalam waktu yang lebih singkat.

Ia menyebut saat ini di Jakarta baru mengoperasikan 30 unit bus listrik. Yana percaya diri akan ada 74 unit bus listrik di Ibu Kota jelang September 2022.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria optimistis konversi mesin bus listrik ini bisa sukses dijalankan di Ibu Kota. Pasalnya, retrofit ini pun sudah berhasil dilakukan di Inggris.

“Kami nanti akan lihat sejauh mana kemampuan dan kecepatannya. Prinsipnya kami ada 3.500 yang siap (diretrofit),” kata dia.

Riza pun mengatakan dengan retrofit ini dana yang dikeluarkan akan lebih sedikit dibanding mengganti dengan bus baru. Ia mengklaim bisa menghemat dana sebanyak 40 persen dari total harga bus listrik baru.

Ia menyebut harga bus listrik baru bisa mencapai Rp5 miliar hingga Rp5,2 miliar. “Dengan program ini kami bisa menghemat setidaknya 40 persen,” tandasnya.

Transjakarta ramah lingkungan ini nantinya bisa langsung kalian coba loh Vittorian!! Loh kok bisa?? Tentunya dong karena Vittoria Residence berlokasi dekat dengan semua transportasi umum Ibu kota Jakarta seperti TransJakarta, KRL, Kereta Bandara, dan MRT. Vittoria Residence sendiri diapit oleh dua halte TransJakarta yakni halte Dispenda dan Jembatan Baru. Eits, gak sampai disitu aja, Vitorria Residence juga memiliki stasiun KRL dalam kawasan yakni stasiun KRL Bojong Indah yang dapat dengan mudah diakses oleh kalian loh Vittorian! Vittoria Residence hadir dengan tiga unit apartemen yakni studio, one bedroom dan two bedroom yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Dengan cicilan 3 juta/bulan kalian sudah bisa memiliki hunian dengan kemudahan akses transportasi ini loh!  Nah tunggu apa lagi? Yuk segera hubungi  Whatsapp 0811 964 8989 dan jadwalkan kunjunganmu sekarang!

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220818160852-92-836139/transjakarta-bakal-ubah-bus-tenaga-diesel-ke-listrik