PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta tengah melaksanakan proyek MRT Fase 2 rute Bundaran HI-Kota. 

Terkait hal ini, Pemerintah Jepang dikabarkan telah berkomitmen untuk mendukung penyelesaian seluruh konstruksi MRT Fase 2. 

Hal ini disampaikan oleh Pemerintah Jepang saat Indonesia melakukan kunjungan kerja beberapa waktu lalu. 

“Jadi ini committed untuk Fase 2 didanai oleh pinjaman atau loan dari Pemerintah Jepang lewat Japan International Cooperation Agency (JICA),” jelas Direktur Utama PT MRT Jakarta William P. Sabandar dalam media briefing, Kamis (30/6/2022). 

Rencananya pembangunan MRT Fase 2 akan dilanjutkan dari Kota sampai ke Ancol Barat. 

“Atau yang dikenal dengan MRT Fase 2A Bundaran HI-Kota dan MRT Fase 2B Kota-Ancol Barat,” tambah William.

Untuk proyek Kota-Ancol Barat kini sudah dalam proses feasibility study dan akan segera masuk ke perancangan desain. 

Selain itu, Pemerintah Jepang juga dilaporkan tertarik untuk membiayai pembangunan MRT Fase 3 Balaraja-Cikarang sepanjang 84,102 kilometer.

William menekankan bahwa proyek MRT Fase 3 kedepannya akan disebut dengan MRT East West Line. 

Penyebutan MRT East West Line ditetapkan karena proyek ini sangat panjang dan terbagi lagi menjadi beberapa Fase di dalamnya. 

“Sekarang ini kita masih menyebutnya Fase 3 tapi mungkin kedepannya kita akan menyebutnya dengan East West Line, jadi ada yang North South Line dan East West Line,” William kembali menjelaskan. 

Untuk rinciannya, MRT East West Line terbagi menjadi Fase 1 mencakup area DKI Jakarta dan Fase 2 meliputi Banten dan Jawa Barat.

Pembangunan MRT fase 2 dan East West Line akan sangat menguntungkan bagi penghuni apartemen Vittoria Residence, loh! Dengan mengusung konsep TOD, akses stasiun MRT akan lebih mudah dijangkau oleh penghuni Vittoria Residence karena terintegrasi dengan Stasiun KRL Bojong Indah yang terdapat di dalam kawasan apartemen. Tidak sampai disitu saja, Vittoria Residence juga diapit oleh dua Halte Busway Transjakarta yakni Halte Dispenda dan Jembatan Baru. Vittoria Residence juga menyediakan berbagai tipe unit sesuai dengan kebutuhan Anda diantaranya tipe Studio, 1 Bedroom, dan 2 Bedroom yang dapat Anda ambil sesuai dengan kebutuhan. Semua bisa didapat hanya dengan cicilan mulai dari 2 juta/bulan. Menarik, kan? Yuk, langsung hubungi Whatsapp 0811 964 8989 dan jadwalkan kunjunganmu sekarang!

Sumber: https://www.kompas.com/properti/read/2022/06/30/190000821/jepang-bakal-biayai-proyek-mrt-fase-2-dan-mrt-east-west-line?page=all