Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Jepang sepakat membangun kereta semicepat yang menghubungkan Jakarta-Surabaya. Pemerintah Indonesia meminta agar kandungan lokal, keterlibatan kontraktor lokal, dan teknologi ditingkatkan.
Disepakati juga mengenai sejumlah hal teknis yang menjadi tanggung jawab masing-masing pihak. Hal teknis itu antara lain pembuatan jalur kereta yang sudah ada, pembagian komponen lokal, kebijakan terkait penutupan perlintasan sebidang, dan skema pembiayaan.
Survei persiapan yang berjalan sejak Juni 2019 dan dijadwalkan selesai pada Oktober 2020. Proses kajian proyek kereta semicepat Jakarta-Surabaya dilakukan sejak 2017 oleh Pemerintah Indonesia dan tim konsultan dari Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA).
”Proyek ini direncanakan beroperasi pada 2024. Kita harap waktu tempuh Jakarta-Surabaya menjadi 5,5 jam atau berkurang 3,5 jam dari waktu tempuh saat ini. Diharapkan, pada 2024 segmen Jakarta-Cirebon bisa selesai.
Kereta dengan kecepatan 160 kilometer per jam ini diharapkan menjadi pilihan moda transportasi masyarakat. Budi berharap kandungan lokal di proyek itu dapat ditingkatkan dengan melibatkan kontraktor lokal. Selain itu, alih teknologi juga mesti dilakukan.
Dari kajian awal, dengan investasi sekitar Rp 60 triliun, harga tiket Rp 400.000-Rp 450.000 per orang sekali jalan. Dalam sehari akan ada 54 kali perjalanan dengan 500 penumpang yang dapat diangkut dalam satu rangkaian.
Agar kereta dapat mencapai kecepatan 160 km per jam, lanjut Budi, perlintasan sebidang di sepanjang jalur kereta mesti dihilangkan. Saat ini, di Jakarta-Surabaya ada 1.992 perlintasan sebidang. Jalur baru untuk kereta semicepat ini akan dibangun melayang (elevated), terutama di jalur yang melintasi perkotaan padat penduduk.
Untuk menghilangkan perlintasan sebidang, pihaknya akan membangun konstruksi perlintasan sebidang, baik lewat atas (overpass), lewat bawah (underpass), dan membangun jembatan penyeberangan orang. Jumlah perlintasan yang akan dibangun mencapai 500 buah. ”Kalau di perkotaan mungkin bisa overpass. Kalau di daerah perdesaan akan lebih baik underpass.
Pemerintah Jepang berkomitmen mewujudkan proyek kereta semicepat karena pertambahan jumlah penduduk dengan aktivitas ekonomi yang semakin tinggi memerlukan moda transportasi dengan waktu tempuh lebih singkat.

Ikuti terus sosial media kami untuk mendapatkan info menarik terkait promo menarik lainnya!
.
Facebook: https://www.facebook.com/apartemenvittoria/
Instagram: https://www.instagram.com/vittoria.residence/
Twitter: https://twitter.com/vittoria_res
Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCeDYdDMkqPxfqtcRmROd6nA
Whatsapp: 0811 989 855

INFO: Untuk info lebih lanjut mengenai Apartemen Vittoria Residence, anda bisa menghubungi marketing di (021) 2252-9988, (021) 296-75-333 atau 08119648989. Ayo beli Apartemen di Vittoria Residence sekarang juga! Lebih baik punya dibanding nyewa.