Konsep Transit Oriented Development (TOD) mulai diterapkan di kota Jakarta untuk mendukung perkembangan kota metropolitan tersebut. 

Konsep TOD diterapkan agar kota Jakarta tetap berkembang meskipun nanti ibu kota negara dipindahkan ke Kalimantan Timur.

Perkembangan Jakarta dengan konsep TOD ini dijelaskan oleh  Deputi Bidang Sumber Daya Manusia BUMN Tedy Bharata dalam acara kegiatan Blok M Green Collabs: Shifting Into Green Lifestyle, yang diselenggarakan oleh Katadata, di Taman Literasi Christina Martha Tiahahu, Jakarta, Ahad (4/12/2022).

Tedi menambahkan, BUMN juga meningkatkan TOD sebagai sebuah konsep baru untuk kota berkembang, yang terus dilakukan bersama dengan pemerintah daerah dan swasta. 

Dalam mengembangkan tata kota, Tedi mengatakan pemerintah harus melihat masa depan, bagaimana Jakarta bisa berkembang setelah Nusantara menjadi ibukota baru

Direktur Pakuwon Jati Alexander Stefanus Ridwan Suhendra yang menyebutkan sejumlah manfaat dari diterapkannya konsep TOD untuk perkembangan Jakarta.

“Manfaatnya luar biasa. Dengan adanya TOD, kegiatan itu jadi lebih terpusat, contohnya kegiatan di taman ini, yang bisa menunjukkan apa saja yang sudah dilakukan. Contoh, anak-anak SMA tidak terlalu jauh jika mengadakan kegiatan seni,” ucap Alexander.

“Kemudian, dengan adanya MRT gampang juga untuk datang ke taman ini. Jadi saya kira taman ini akan menjadi taman yang aktif, di mana kegiatan yang dilakukan semua orang bisa dilakukan di sini, mengadakan kegiatan baru, dan menarik orang-orang untuk datang ke sini,” ujar dia menambahkan.

Vittoria Residence menjadi salah satu hunian di Jakarta Barat yang mengusung konsep TOD dimana Vittoria Residence diapit oleh dua halte TransJakarta yakni Dispenda dan Jembatan baru, Memiliki stasiun KRL dalam kawasan yakni stasiun Bojong Indah, kereta bandara, dan MRT. Hunian berkonsep TOD ini hadir dengan 3 tipe unit apartemen yakni studio, one bedroom, dan two bedroom. Dengan cicilan mulai dari 3,5 juta/bulannya ditambah lagi dengan promo-promo menarik seperti tanpa DP, free AKAD dan asuransi jiwa, subsidi cicilan selama 24 bulan pertama dan masih banyak lagi, anda sudah bisa mendapatkan hunian impian ini loh! Nah tunggu apa lagi? Yuk langsung hubungi Whatsapp kami di 0811 964 8989 dan jadwalkan kunjunganmu sekarang!

 

Sumber: https://www.republika.co.id/berita/rme3s4456/konsep-tod-diyakini-akan-buat-jakarta-berkembang-meski-nantinya-bukan-ibu-kota-lagi