Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan penggunaan bus listrik TransJakarta tahun depan sebanyak 100 unit. Adapun saat ini penggunaan bus listrik di jalanan Ibu Kota baru mencapai 30 unit. 

Berdasarkan roadmap, penggunaan bus listrik sudah ada untuk bus TransJakarta hingga tahun 2030. Per tahun 2025, nantinya pengadaan armada TransJakarta hanya akan menggunakan bus listrik. 

Dia menambahkan upaya percepatan menuju kendaraan listrik ini juga sejalan dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022. Aturan itu mengatur tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk kendaraan operasional pejabat di pusat maupun daerah. 

Sebelumnya, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) rencananya akan mengoperasikan 100 bus listrik hingga akhir 2020 untuk mendukung program Langit Biru Jakarta yang digagas Pemerintahan Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta. 

Bus listrik TransJakarta ini diuji coba hingga akhir tahun dengan menggunakan 2 unit layanan rute EV1 yaitu rute Balai Kota hingga Blok M. 

Bus Listrik dengan rute EV1 ini akan melayani penumpang setiap hari, mulai pukul 10.00-22.00 WIB dengan headway atau rentang waktu keberangkatan setiap 45 menit sekali. 

Bus ini juga akan berhenti di halte-halte non-BRT di sepanjang rute Blok M hingga Balai Kota. Pelanggan tidak akan dikenakan biaya, tetapi wajib menempelkan kartu elektronik (e-ticketing) sebagai pengganti uang tunai yang tersedia pada mesin Tap On Bus (TOB) di dalam bus. 

Bus listrik yang diuji coba merupakan merek BYD yang memiliki daya tahan baterai lama dengan jarak tempuh sekitar 250. Selain itu durasi pengecasan juga kurang dari 4 jam setiap harinya.

Vittoria Residence diapit oleh dua halte TransJakarta yakni Dispenda dan Jembatan baru, Memiliki stasiun KRL dalam kawasan yakni stasiun Bojong Indah, kereta bandara, dan MRT sehingga Vittorian gak usah pusing lagi dengan kemacetan ibu kota Jakarta! Hunian berkonsep TOD ini hadir dengan 3 tipe unit apartemen yakni studio, one bedroom, dan two bedroom. Dengan cicilan mulai dari 3,5 juta/bulannya ditambah lagi dengan promo-promo menarik seperti tanpa DP, free AKAD dan asuransi jiwa, subsidi cicilan selama 24 bulan pertama dan masih banyak lagi, anda sudah bisa mendapatkan hunian impian ini loh! Nah tunggu apa lagi? Yuk langsung hubungi Whatsapp kami di 0811 964 8989 dan jadwalkan kunjunganmu sekarang!

 

Sumber: https://tirto.id/tahun-2025-pengadaan-armada-transjakarta-cuma-pakai-bus-listrik-gx27