Tanaman obat kini makin populer karena kaya manfaat dan mendukung gaya hidup sehat dan alami keluarga. Selain itu, tanaman-tanaman tersebut juga bisa ditanam sendiri di pekarangan rumah dengan cukup mudah.

Terlepas dari kemajuan medis dan teknologi modern, penggunaan obat herbal masih terus eksis. Adapun manfaat obat herbal dapat berasal dari daun, batang, bahkan hingga daunnya.

Berikut ini sejumlah tanaman obat populer.

  1. Jahe

Tanaman rimpang ini mengandung senyawa yang bermanfaat untuk mengobati pilek, mual, pilek, migrain, dan tekanan darah tinggi.

Jahe juga dapat mengatasi gangguan pencernaan, seperti sakit perut, mual dan muntah, sakit kepala, vertigo, serta dapat juga meringankan nyeri haid, meredakan nyeri sendi, seperti rematik.

  1. Lengkuas

Lengkuas atau yang juga dikenal dengan sebutan laos ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, meredakan kram otot, mencegah flu, dan mengurangi rasa nyeri dan peradangan.

  1. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat yang dapat menjaga sistem pencernaan.

Selain itu, kunyit juga dapat menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah, hingga mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan kurkumin pada kunyit juga dapat membantu mengatasi sesak napas, masalah lambung seperti maag atau GERD, dan lainnya..

  1. Rosemary

Rosemary merupakan salah satu rempah atau bumbu khas Italia yang biasa digunakan untuk memasak agar menambah aroma makanan. Selain itu, tanaman ini juga mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh, seperti melansir dari WebMd.

Aromanya yang khas dapat membantu meningkatkan ingatan dan konsentrasi dan mengurangi stres. Rosemary juga mempunyai antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sirkulasi darah.

  1. Kumis kucing

Daun kumis kucing dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, asam urat, penyakit ginjal, dan lainnya. Ramuan daun kumis kucing juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan.

 

Tanaman banyak khasiat ini dapat dengan mudah Vittorian tanmam di dalam hunian anda loh. Vittoria Residence dilengkapi dengan fasilitas modern serta akses tanpa batas. Menyatukan berbagai moda transportasi umum di Ibukota seperti Stasiun KRL, Busway Transjakarta, MRT, Kereta Bandara hingga Jalan Tol yang tentunya akan menjadi solusi kemacetan Jakarta. Selain itu, juga ada fasilitas baru yang siap memanjakan Anda, seperti Basketball Court, Luxury Lobby, dan Mini Eco Park. Tipe unit yang disediakan sangat beragam mulai dari unit Studio, 1 Bedroom hingga 2 Bedroom dengan berbagai ukuran. Semua ini bisa Anda miliki hanya dengan cicilan mulai dari 3,5  juta/bulan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, langsung hubungi Whatsapp 0811 964 8989 dan jadwalkan kunjunganmu!

 

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20221021144806-282-863671/10-tanaman-obat-populer-yang-bisa-ditanam-sendiri-kaya-manfaat