PT MRT Jakarta (Perseroda) akan memamerkan artefak yang ditemukan ketika menggarap contract package (CP) 203 di Stasiun MRT Kota, Jakarta Barat. 

Untuk diketahui, CP 203 merupakan bagian dari pengerjaan Stasiun MRT Mangga Besar-Kota.

Direktur Utama PT MRT Jakarta Mohamad Aprindy mengatakan, temuan itu akan dipamerkan di Visitor Center Gallery MRT yang terletak di Stasiun MRT Jakarta Kota. 

Selain digunakan sebagai tempat memamerkan artefak, menurut dia, lokasi tersebut juga akan menyediakan informasi seputar MRT. 

Sejumlah artefak yang ditemukan sempat ditunjukkan kepada awak media yang mengikuti rangkaiam Forum Jurnalis yang digelar PT MRT Jakarta pada Selasa kemarin. 

Artefak itu ditunjukan kepada awak media di Glodok. Sejumlah artefak itu berupa botol kaca yang dulunya diduga merupakan tempat minuman beralkohol. 

Kemudian, banyak pula pecahan-pecahan perabotan rumah tangga seperti piring dan kendi. Pecahan piring-piring itu berwarna putih-biru sedangkan kendinya berwarna abu-abu. 

Tak hanya artefak saja, PT MRT juga menemukan dua obyek diduga cagar budaya di kawasan Glodok itu. 

Dua obyek tersebut adalah saluran air kuno dan jembatan Glodok. 

Saluran air itu merupakan bagian dari sistem pasokan air bersih Kota Batavia pada abad 17 yang dialirkan melalui kolam air hingga menuju Kastil Batavia. 

Sementara, Jembatan Glodok merupakan tempat penyebrangan kanal Kali Besar.

Vittorian dapat dengan mudah ke lokasi pameran penemuan artefak loh! Kok bisa? Gimana caranya? Jelas bisa karena Vittoria Residence dekat dengan transportasi umum di ibukota Jakarta seperti KRL, Transjakarta dan Kereta Bandara jadi para vittoria dapat dengan mudah untuk melakukan mobilisasi kemanapun dan kapanpun! Vittoria Residence juga menyediakan berbagai tipe unit sesuai dengan kebutuhan Anda diantaranya tipe Studio, 1 Bedroom, dan 2 Bedroom yang dapat Anda ambil sesuai dengan kebutuhan. Semua bisa didapat hanya dengan cicilan mulai dari 3,5 juta/bulan. Menarik, kan? Yuk, langsung hubungi Whatsapp 0811 964 8989 dan jadwalkan kunjunganmu sekarang!

 

Sumber: https://megapolitan.kompas.com/read/2022/09/21/09310681/mrt-jakarta-bakal-pamerkan-temuan-artefak-glodok-di-stasiun-kota