Menteri Keuangan Sri Mulyani menyoroti kondisi kebutuhan papan Indonesia yang penuh tantangan, khususnya daya beli generasi muda . Bahkan, backlog perumahan saat ini tercatat sebesar 12,75 juta. Dia menyebutkan, bukan tidak mungkin bahwa generasi muda tidak bisa membeli rumah. 

“Purchasing power mereka (generasi muda) dibandingkan harga rumahnya lebih rendah, sehingga mereka akhirnya end-up tinggal di rumah mertua, atau dia nyewa. Itu pun kalau mertuanya punya rumah juga, kalau ga punya rumah, itu juga jadi masalah lebih lagi, menggulung per generasi,” ungkap Sri dikutip Minggu (10/7/2022). 

Persoalan papan Indonesia ada dari supply dan demand side. Supply adalah yang memproduksi dan membangun rumah, demand itu adalah yang membutuhkan rumah. 

“Pasar hanya bisa tercipta kalau dua sisi ini bertemu, tapi kalau ada constraint, mereka tidak ketemu, atau bertemu di level equilibrium yang tidak mencerminkan kebutuhan papan,” tambah Sri.

Terlebih saat ini, kata dia, dari sisi supply juga ada masalah. Harga tanah selalu ever-increasing, terutama di perkotaan dan bahan-bahan baku perumahannya. Kontribusi sektor perumahan dan sharenya terhadap APBN cukup signifikan, apalagi ditambah dengan aspek penciptaan kesempatan kerja.

“Dia punya multiplier effect yang besar dan juga share-nya terhadap PDB di atas 13%. Namun, ini belum klop. Kita punya gap antara demand dengan purchasing power, itu namanya harap-harap cemas. If you can exercise your demand, it means you have purchasing power. Saya bermimpi punya rumah dan saya berencana punya rumah, keduanya berbeda. Mimpi ya mimpi, kalau berencana ya berarti sudah ada daya belinya untuk mengeksekusi rencana,” terang Sri. 

Eits, tapi jangan khawatir, Vittoria Residence punya solusinya! Dengan cicilan mulai dari 3 juta/bulan aja, kamu bisa mempunyai hunian nyaman dengan fasilitas bintang lima yang menyatu dengan seluruh transportasi umum di Ibukota. Belum lagi promo-promo menarik lainnya seperti Full Furnished, Free Akad, Subsidi PPn 50% hingga Diskon Tambahan dari Developer! Vittoria Residence menawarkan 3 tipe unit apartemen mulai dari tipe studio, one bedroom dan two bedroom. Yuk, rencanakan buat punya hunian dari sekarang! Langsung hubungi Whatsapp 0811 964 8989 dan jadwalkan kunjunganmu ya!

Sumber: https://ekbis.sindonews.com/read/822641/33/singgung-daya-beli-kaum-muda-sri-mulyani-akhirnya-tinggal-di-rumah-mertua-1657444065