Dilansir dari Kompasiana.com, saat ini mencari tempat tinggal dengan harga terjangkau di Kota besar semakin sulit. Berbagai alternatif mulai tersedia menyikapi sempitnya lahan di perkotaan, salah satunya dengan bentuk hunian vertikal, atau apartemen.

Di apartemen, kita dapat tinggal di pusat kota dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan rumah tapak di lokasi yang sama. Harganya sebanding dengan fasilitas yang disediakan. Semakin mewah dan lengkap harganya tentu lebih mahal. Semua ada kelasnya.

Luasan apartemen umunya mulai 17m2 untuk tipe studio. Cukup untuk tinggal sendiri atau berdua dengan pasangan. Bila sudah memiliki anak, tentunya harus memilih tipe luasan lebih besar, agar lebih nyaman.

Namun, masyarakat Indonesia tampaknya memang belum terbiasa tinggal di apartemen sehingga banyak yang masih ragu dan kurang nyaman.

Tidak harus buru-buru beli, bila ingin mencoba tinggal di apartemen. Ada banyak sekali pilihan apartemen yang disewakan. Baik secara langsung atau melalui aplikasi tertentu.

Cobalah sewa apartemen selama beberapa bulan untuk merasakan apakah kalian cocok dan nyaman atau tidak. Bukan sekedar menginap 1 atau 2 hari ya, beda rasanya.

Ada kelebihan dan ada kekurangannya sendiri. Apa saja kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen?

Kelebihan Tinggal di Apartemen

1. Lokasi Strategis

Poin utama tinggal di apartemen adalah lokasinya yang strategis dan lebih dekat dengan pusat Kota, atau memang di pusat Kota. Dekat dengan pusat berbelanjaan, perkantoran, sekolah dan pusat kegiatan lainnya.

Dengan lokasi yang strategis ini pastinya juga kita akan menghemat biaya transportasi. Bahkan saking dekatnya, kalau kalian suka naik sepeda, maka bisa mempraktekkan “bike to work“. Bayangkan betapa hematnya.

Kalau kalian memilih apartemen di jalan utama yang dilewati Bus atau angkutan umum maka kalian juga bisa menunggu di depan gedung. Praktis, tidak perlu panggil ojol.

Lokasi yang strategis juga memudahkan dan mempercepat waktu tempuh kalian untuk aktivitas apapun. Tidak perlu macet berjam-jam di jalan. Kalian bisa lebih produktif, memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga, menghemat energi dan lebih menjaga kesehatan fisik dan mental.

2. Harga Lebih Terjangkau dari Rumah Tapak

Jangan bandingkan dengan rumah tapak yang jaraknya lebih dari 20Km dari pusat kota ya. Lebih terjangkau disini adalah dibandingkan dengan tipe rumah tapak di lokasi yang sama atau berdekatan. Kalau kalian bisa tinggal di wilayah yang sama dengan harga lebih murah, maka menjadi kelebihan bukan.

3. Privasi Lebih Terjaga

Kalau kita tinggal di perumahan atau perkampungan, biasanya kita akan lebih bersosialisasi, mengenal tetangga dan saling bertegur sapa. Tetapi kalau tinggal di apartemen itu kita lebih individual. Cenderung untuk tidak saling mengenal dan tidak mengurusi urusan orang lain. Bisa jadi karena kebersihan lingkungan dan keamanan serta pengelolaan sudah diurus oleh manajemen apartemen. Hal ini bisa menjadi plus atau minus, tergantung tipe kepribadian kalian.

4. Fasilitas Lengkap

Taman, kolam renang, playground untuk anak-anak, minimarket, laundry, rumah makan, atm center, jogging track serta keamanan CCTV lingkungan biasanya menjadi fasilitas standar di apartemen. Lengkap bukan? Apartemen yang sedikit lebih mahal, mungkin juga menyediakan fitness center, supermarket atau terintegrasi dengan Mall. Apartemen mix use disebutnya. Lantai bawah digunakan untuk Mall, lantai atas untuk hunian.

5. Pemandangan Indah

Apartemen juga menjual pemandangan tertentu. Misal Pemandangan Kota Jakarta atau pemandangan Gunung . Yap, karena apartemen memiliki ketinggian hingga belasan bahkan puluhan, maka dapat menjanjikan pemandangan yang indah.

Bayangkan pagi-pagi, kalian membuka balkon, udara pasti sejuk dan bersih, melihat pemandangan Gunung yang indah. Atau malam-malam ditemani secangkir kopi menikmati gemerlap lampu cahaya kota dari atas.

6. Mudah disewakan

Jika kalian memutuskan untuk membeli apartemen, maka ketika kalian harus pindah, atau memang ingin pindah, maka apartemen lebih mudah disewakan. Usahakan telah mendekorasi apartemen kalian full furnished, sehingga penyewa tinggal membawa baju dan kebutuhan pribadi.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang Vittoria Residence maupun seputar promo menarik lainnya, anda dapat menghubungi kami di 0811-964-8989.