Sekitar 60% komposisi tubuh manusia adalah air. Fungsi air dalam tubuh sangat penting, yaitu sebagai zat pembawa, penyerap panas metabolisme tubuh, menjaga volume darah, dan membuang zat sisa metabolisme. Selama bulan suci Ramadhan, umat Muslim berpuasa dengan tidak makan dan minum dari waktu sahur sampai waktu berbuka. Tentunya umat Muslim yang sedang berpuasa lebih berisiko untuk mengalami dehidrasi selama bulan puasa ini. Semakin lama waktu berpuasa, semakin besar risiko untuk terjadi dehidrasi.
.
Supaya terhindar dari dehidrasi, beberapa tips berikut mungkin bisa vittorian terapkan saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan:
.
1. Memenuhi kebutuhan cairan harian
Tetap penuhi kebutuhan cairan harian, yaitu dengan minum 8-12 gelas per hari atau 2 liter per hari. Kesempatan untuk minum selama berpuasa memang tidak sebanyak di hari-hari biasa. Vittorian dapat mengakalinya dengan membagi waktu minum dari waktu berbuka sampai saat sahur.
.
2. Menghindari minuman dengan kandungan gula tinggi
Hindari minuman yang mengandung gula tinggi. Minuman dengan kadar gula yang tinggi justru dapat menyebabkan rasa haus. Sebagai ganti sirup atau softdrink, mungkin Vittorian bisa mencoba berbuka dengan infused water yang dibuat menggunakan aneka buah sesuai selera.
.
3. Menghindari minuman berkafein
Hindari minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, atau coklat. Minuman mengandung kafein bersifat diuretik, yaitu meningkatkan pengeluaran kencing. Saat puasa, efek diuretik ini tidak dapat diseimbangkan dengan asupan cairan yang cukup sehingga berpotensi menyebabkan dehidrasi.
.
4. Hindari beraktivitas di luar ruangan saat siang hari
Selain lewat urine, cairan tubuh juga hilang melalui keringat. Saat berpuasa, ada baiknya menghindari aktivitas di luar ruangan saat siang hari untuk mencegah hilangnya cairan berlebih melalui keringat. Jika vittorian ingin berolahraga, lakukan olahraga ringan menjelang waktu berbuka.
Hubungi Whatsapp kami dan ikuti terus sosial media kami untuk mendapatkan info menarik lainnya!
.
Facebook: https://www.facebook.com/apartemenvittoria/
Instagram: https://www.instagram.com/vittoria.residence/
Twitter: https://twitter.com/vittoria_res
Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCeDYdDMkqPxfqtcRmROd6nA
Whatsapp: 0811 989 855