Vittorian sering kesulitan tidur atau terjaga di tengah malam? Keduanya bisa menjadi masalah di pagi hari. Bukan merasa segar, tubuh justru terasa lelah. Saat malam hari, Vittorian berbaring di tempat tidur, berusaha untuk tidur tapi tak bisa. Yang Vittorian lakukan hanyalah melihat angka jarum jam dan menekankan pada diri sendiri, bahwa dalam beberapa jam lagi sudah harus bangun. Sedangkan di siang hari, tubuh terasa lelah, mengantuk, dan tidak fokus. Jika kamu mengalami gangguan tidur ringan, cobalah cara sederhana berikut ini dari pakar tidur Michelle Drerup, PsyD, DBSM:
.
1. Perlakukan tidur seolah-olah sama pentingnya dengan minum obat
Dengan semua tuntutan yang kita hadapi setiap harinya, tidur malam yang berkualitas mungkin berada di bagian bawah daftar prioritas. Tetapi Dr. Drerup mengatakan, kita perlu menjadwalkan waktu yang cukup untuk tidur. “Sangat mudah untuk begadang dan mengusir rasa kantuk di malam hari,” katanya. “Namun, ketika kamu melakukan itu, kamu dengan cepat akan mengalami masalah kesehatan yang berkaitan dengan kurang tidur.”
.
2. Pertahankan waktu bangun tidur yang konsisten
Bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk saat akhir pekan atau hari libur. Ini akan membantu Vittorian tidur lebih nyenyak di malam hari. Waktu bangun tidur yang konsisten membantu membangun keinginan kuat untuk tidur pada waktunya. Memperpanjang tidur di akhir pekan justru akan membuat kita lebih sulit untuk bangun lebih awal pada Senin pagi. Penting juga, kata Dr Drerup, untuk melakukan aktivitas relaksasi seperti mandi air hangat atau membaca buku sebelum tidur sehingga akan membantu untuk lebih mudah tertidur.
.
3. Singkirkan ponsel dan tablet
Perangkat elektronik membuat pikiran ‘berkelana’ – dan jauh dari kondisi santai yang harus dicapai sebelum tidur. Dr Drerup menyarankan, untuk menyingkirkan perangkat seperti ponsel pintar dan tablet setidaknya satu jam sebelum waktu tidur. Sehingga, pikiran lebih tenang dan siap tidur.
.
4. Jika terbangun di malam hari, hindari melihat jam
Menurut Dr Drerup, ketika terbangun di malam hari dan melihat jam, pikiran kita takkan berhenti di situ. “Kamu akan mulai menghitung, memikirkan berapa lama sejak kamu berada di tempat tidur hingga terbangun, dan apa yang harus dilakukan pada esok hari.” “Dan sebelum kamu menyadarinya, waktu yang kamu pakai untuk berpikir telah berlalu dan itu memotong waktu tidur.” Kecemasan karena tidak bisa tidur dapat berkontribusi pada insomnia. Alih-alih memerhatikan jarum jam dan merasa khawatir, bangunlah dari tempat tidur setelah sekitar 20 menit usaha untuk tidur tak berhasil. Tenangkan pikiran dan lakukan sesuatu yang santai seperti membaca buku, mendengarkan musik atau minum teh hangat sampai Vittorian merasa mengantuk.

Yuk segera kunjungi Marketing Gallery kami di Daan Mogot KM 13,8 Jakarta Barat dan ikuti terus sosial media kami untuk mendapatkan info menarik lainnya!
.
Facebook: https://www.facebook.com/apartemenvittoria/
Instagram: https://www.instagram.com/vittoria.residence/
Twitter: https://twitter.com/vittoria_res
Whatsapp: 0811 989 855