Vittorian, kalian lebih milih beli properti dengan DP kecil atau Cicilannya yang ringan?
Menjelang akhir tahun 2019 ini Bank Indonesia (BI) menurunkan uang muka (down payment/DP) lewat skema loan to value (LTV) untuk kendaraan bermotor dan properti. Kebijakan tersebut berlaku mulai 2 Desember 2019. Sayangnya, rencana penurunan uang muka untuk properti tersebut belum diiringi oleh penurunan suku bunga dasar kredit (SBDK) perbankan, padahal BI sudah menurunkan suku bunga acuan 25 basis poin (bps) menjadi 5,25%.
Gubernur BI menjelaskan ada beberapa alasan BI mengambil kebijakan secara bertubi-tubi. Pertama, sejak awal tahun memang BI mengarahkan kebijakan untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi. Perlu diketahui, salah satu komponen pertumbuhan ekonomi adalah konsumsi masyarakat yang dipicu dari daya beli. Namun, apakah ini akan berdampak besar bagi meningkatnya daya beli masyarakat terhadap properti?
Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia mengatakan, meski uang muka diturunkan, daya beli masyarakat tetap atau tak meningkat. Mengingat, kebijakan penurunan uang muka ini masih diiringi oleh bunga kredit yang tinggi. kebijakan BI lainnya yakni menurunkan suku bunga juga tak diiringi dengan penurunan bunga kredit. Oleh sebab itu, cicilan atau kredit yang dikeluarkan masyarakat justru menjadi lebih besar. Dalam hal ini untuk tenor yang sama justru menyebabkan cicilan menjadi lebih besar.
Cara ampuh dalam meningkatkan daya beli masyarakat terhadap properti atau pun kendaraan yakni dengan penurunan suku bunga kredit. Sehingga, cicilan per bulannya tak akan membengkak. Namun pihak BI menjelaskan bahwa penurunan kebijakan kelonggaran kredit akan aktif dalam 3 bulan. Dan seluruh bank juga harus kompak untuk menurunkan suku bunga secara serentak agar dapat terwujud cita-cita dari tujuan ini.

Ikuti terus sosial media kami untuk mendapatkan info menarik dan terkait promo menarik lainnya!
.
Facebook: https://www.facebook.com/apartemenvittoria/
Instagram: https://www.instagram.com/vittoria.residence/
Twitter: https://twitter.com/vittoria_res
Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCeDYdDMkqPxfqtcRmROd6nA
Whatsapp: 0811 989 855

INFO: Untuk info lebih lanjut mengenai Apartemen Vittoria Residence, anda bisa menghubungi marketing di (021) 2252-9988, (021) 296-75-333 atau 08119648989. Ayo beli Apartemen di Vittoria Residence sekarang juga! Lebih baik punya dibanding nyewa.