Hari raya Idul Fitri merupakan hari raya umat Islam yang diperingati pada setiap tanggal 1 Syawal tahun Hijriyah. Dibandingkan dengan negara lain, perayaan hari raya di Indonesia lebih meriah dan unik. Hal ini dikarenakan setiap daerah di Indonesia mempunyai tradisi yang berbeda-beda dalam merayakannya. Perbedaan inilah yang membuat perayaan hari raya umat Islam di Indonesia menjadi sangat meriah. Berikut adalah beberapa keunikan yang terjadi saat lebaran di Indonesia.

1. Mudik
Tradisi unik lainnya yang ada di Indonesia menjelang Lebaran adalah mudik. Mudik merupakan tradisi dimana orang yang merantau ke daerah lain akan kembali ke daerah asalnya. Tradisi ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Tidak salah jika pada hari raya Lebaran kota-kota besar akan sepi dan perkampungan akan lebih ramai. Selain itu, lalu lintas menjelang hari raya juga akan semakin padat.

2. Halal Bil Halal
Tradisi ini mungkin hanya bisa ditemukan di Indonesia. Halal Bil Halal merupakan tradisi Indonesia dimana setiap orang akan merayakan Lebaran bersama dengan keluarga besar dan kerabat. Tradisi ini tidak lepas dari sejarah singkat Idul Fitri dan maknanya. Dengan adanya tradisi ini diharapkan para keluarga bisa berkumpul dan saling memaafkan.

3. Malam Takbiran
Takbir keliling merupakan tradisi dimana umat Islam akan keluar memadati jalan dengan kendaraan atau berjalan kaki dengan mengumandangkan takbir. Tradisi ini pada mulanya hanya dilakukan dengan berjalan kaki keliling kampung. Namun sekarang ini takbir keliling banyak dilakukan dengan menggunakan kendaraan terbuka seperti truk ataupun mobil pick up.

4. Grebeg Syawal
Tradisi grebeg syawal merupakan tradisi Idul Fitri yang diselenggarakan di Yogyakarta. Grebeg syawal merupakan ritual yang dilakukan pada 1 Syawal dengan membawa gunungan lanang ke masjid Gede Kraton Yogyakarta. Gunungan ini merupakan simbol sedekah sultan kepada rakyat Yogyakarta. Nantinya gunungan yang dibawa ke masjid akan didoakan dan akan dibagikan kepada masyarakat Yogyakarta.

5. THR
THR atau tunjangan hari raya merupakan tradisi khas Indonesia ketika merayakan Lebaran. Tradisi ini merupakan tradisi dimana perusahaan akan memberikan tunjangan tambahan kepada para karyawan. Dengan kata lain THR bisa dikatakan sebagai bonus hari raya. Selain perusahaan, di beberapa daerah tertentu di Indonesia juga terdapat tradisi bagi-bagi THR dari orang dewasa kepada anak-anak.
6. Berziarah ke makam keluarga
Tradisi unik lainnya dalam perayaan Idul Fitri di Indonesia adalah berziarah ke makam keluarga. Pelaksanaan tradisi ini biasanya dilakukan satu hari sebelum puasa dan pada waktu hari raya. Ziarah atau nyekar ini menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan pada saat merayakan hari raya Lebaran.
Berikut adalah beberapa keunikan saat momen Lebaran di Indonesia. Hal itu bisa terjadi karena kebiasaan dari sejak dahulu yang akhirnya tanpa sadar menjadi sebuah kebiasaan yang terjadi saat momen Lebaran.

Yuk kunjungi Marketing Gallery kami di Daan Mogot KM 13,8 Jakarta Barat dan ikuti terus sosial media kami untuk mendapatkan info menarik terkait promo menarik lainnya!
.
Facebook: https://www.facebook.com/apartemenvittoria/
Instagram: https://www.instagram.com/vittoria.residence/
Twitter: https://twitter.com/vittoria_res
Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCeDYdDMkqPxfqtcRmROd6nA
Website: https://vittoria-apartemen.com/
Whatsapp: 0811 964 8989

INFO: Untuk info lebih lanjut mengenai Apartemen Vittoria Residence, anda bisa menghubungi marketing di (021) 2252-9988, (021) 296-75-333 atau 08119648989. Ayo beli Apartemen di Vittoria Residence sekarang juga! Lebih baik punya dibanding nyewa.