Donat merupakan makanan ringan yang berbentuk bulat dengan lobang ditengahnya dan memiliki pilihan toping menarrik. Selain itu, karena rasa dan bentuknya yang unik donat banyak memiliki peminat. Namun, dengan berkembangannya zaman donat terus melakukan inovoasi baik rasa dan bentuk, dan tak hanya donat yang berbentuk bulat dengan lobang ditengahnya kini bentuk donatnya pun ada yang berbentuk tertutup dengan cita rasa yang sama.

Tetapi tahukah kalian bahwa donat sebelum terkenal seperti saat ini, ternyata memiliki sejarah panjang soal terciptanya nama donat itu sendiri. Awalnya kemunculannya Donat (doughnuts atau donut) Istilah donat berasal dari kata dough-nut. Yang merupakan salah satu jenis makanan, yang terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, dan mentega.

Dalam History of New York (1809), penulis Washington Irving menggambarkan kue donat ini berbentuk bola, yang terbuat dari adonan manis, digoreng dengan minyak dan lemak babi, yang disebut dengan doughnut (kue adonan kacang-lemak) atau Olykoek. saat ini, kata doughnut sudah mengalami perubahan menjadi donat, meskipun kata aslinya masih tetap dipakai.

Asal usul donat sering menjadi sumber perdebatan. Salah satu teori mengatakan donat dibawa ke Amerika Utara oleh imigran dari Belanda yang juga memopulerkan hidangan penutup lain, seperti: kue kering, pai krim (cream pie) dan pai buah (cobbler).

Namun terdapat cerita lain mengatakan donat berbentuk cincin diciptakan kapten kapal asal Denmark bernama Hanson Gregory. Sang kapten sering harus menyetir kapal dengan kedua belah tangan karena kapal sering dilanda badai. Kue gorengan yang dimakan ketika sedang menyetir ditusukkan ke roda kemudi kapal, sehingga kue menjadi bolong. Kebetulan bagian tengah kue juga sering belum matang, sehingga donat sengaja dibuat berlubang di tengah agar permukaan donat yang terkena minyak bertambah dan donat cepat matang.

Kalian sudah tahukan sejarah kue donat, untuk itu jika kalian ingin menikmati donat dengan harga terjangkau, bisa loh langsung datang ke marketing Vittoria Residence. Di situ kalian dapat menikmati Dunkin Donuts.