Kebakaran merupakan hal yang sangat menakutkan bagi siapapun yang mengalami hal ini. Ketakutan ini timbul karena para penghuni yang mengalami musibah kebakaran ini secara cepat akan kehilangan harta benda yang dimilikinya, hal inilah membuat korban merasa takut dan trauma.

Selain itu, kebakaran pun dapat terjadi dimana pun, baik didaerah perumahan, gedung kantor, ataupun hunian yang sifatnya vertikal seperti apartemen. Musibah kebakaran pun dapat terjadi setiap saat tanpa adanya peringatan seperti musibah lainnya.

Untuk itu bagi kalian yang tinggal di hunian vertikal pun harus lebih waspada jika terjadi musibah kebakaran, pasalnya untuk melarikan diri dalam hunian vertikal tak semudah menyelamatkan diri seperti di hunian yang menyatu langsung dengan tanah.

Karena itu berikut 4 hal yang dapat kalian lakukan saat terjadi kebakaran di hunian vertikal :

  1. Jangan panik

Hal yang satu wajib kalian miliki didalam diri masing-masing, pasalnya jika kalian dapat mengontrol kepanikan kalian, maka diri kalian dapat berfikir secara jernih untuk melakukan hal apa saat terjadi kebakaran. Namun beda halnya jika panik menyerang kalian, diri kalian tidak akan dapat berfikir secara jernih untuk melakukan suatu tindakan.

  1. Lewat tangga darurat

ketika kalian sudah berfikir secara jernih akan hal apa yang harus dilakukan, bergegaslah menuju tangga evakuasi darurat untuk menuju area bawah dari apartemen kalian.

  1. Jangan gunakan lift

Ketika terjadi kebakaran di hunian vertikal kalian jangan berfikir untuk menuruni gedung dengan lift, pasalnya jika kalian menggunakan lift saat terjadi musibah bisa saja kalian malah terjebak di lift.

  1. Carilah tempat lebar sebagai titik kumpul

Jika kalian berhasil menyelamatkan diri dan keluar dari apartemen saat terjadi kebakaran, carilah tempat yang terbuka secara luas untuk kalian menyelamatkan diri dari musibah kebakaran, tak hanya itu berkumpul di tempat yang luas dapat membuat diri kalian bernapas sejenak untuk berfikir dan mencari anggota keluarga kalian.