Transportasi umum merupakan kendaraan yang hampir setiap hari digunakan oleh para pekerja yang berdomisili di kota besar dan sekitarnya. Dengan tersedianya angkutan umumu akan sangat memudahkan mobilitas masyarakat kota. Kehadiran moda transportasi umum sangat membantu masyarakat tertutama jika tarif yang ditawarkan terjangkau oleh semua kalangan.

Hadirnya transportasi seperti busway, kereta rel listrik, sangat membantu masyarakat yang tinggal di pinggir kota besar untuk berpergian ke kota besar. Tak hanya itu hadirnya pembangun jalan tol di kota-kota besar juga sangat menunjang mobilitas dalam berpergian tanpa terkena macet. Hadirnya jalan tol pun di klaim mampu membantu masyarakat dalam berpergian dengan kendaraan pribadi tanpa hambatan.

Apabila semua fasilitas ini dapat terintegrasi satu sama lain secara baik, maka tidak menutup kemungkinan minat masyarakat kota dan sekitarnya akan beralih ke transportasi umum dan perlahan akan meninggalkan kendaraan pribadi. Jika hal ini terjadi akan terbentuk konsep baru di dunia transportasi umum. Konsep ini disebut dengan Transit Oriented Development (TOD).

Konsep TOD sendiri kini tengah marak digencarkan oleh pemerintah pusat guna menunjang konektivitas antar transportasi umum satu dengan yang lainnya. Tak hanya itu, konsep ini juga mampu mempermudah masyarakat dalam berpergian kemana pun tujuannya. Selain itu, dengan adanya konektivitas ini juga membuat nilai tambah bagi dunia transportasi umum.

Kehadiran konsep TOD yang tengah marak di pemerintahan pusat menjadi nilai tambah bagi dunia properti. Sebab kehadiran konsep ini diklaim mampu membuat para penghuni menjadi lebih mudah dalam hal akses transportasi serta  memiliki nilai invesatasi yang tinggi. Selain itu. Kehadiran konsep TOD ini membuat para pengembang properti menjadi berlomba-lomba dalam menghadirkan hunian yang layak dengan faslitas TOD.