Apartemen merupakan pilihan rumah kedua setelah memiliki rumah tanah. Sebab memiliki hunian apartemen bak tinggal diatas langit, pasalnya gedung yang menjulang ke atas membuat pemiliki hunian apartemen tak bisa merasakan dataran tanah seperti rumah pada umumnya.

Dan jika terjadi sesuatu seperti kebakaran hunian apartemen yang menjulang tinggi ke atas ini, tak bisa dengan mudah untuk menyelamatkan diri seperti dari hunian horizontal.

Untuk itu, bagi kalian yang tinggal di apartemen sangat penting untuk mengetahui setiap petunjuk darurat yang ada di apartemen masing-masing.

Oleh karenanya kalian harus paham dan tetap waspada dengan setiap alarm peringatan yang berbunyi di apartemen kalian.

Berikut yang kalian harus pahami soal alat-alat serta tanda bahaya yang berbunyi di hunian apartemen kalian.

  • Petunjuk exit darurat

sumber foto : pngall.com

Petunjuk biasa terdapat tak jauh dari pintu tangga darurat dan biasa juga terletak di dinding bawah dengan tulisan exit. Kalian dapat berlari melewati tangga darurat menuju titik kumpul.

  • Titik kumpul

Sumber foto : jagolapak.com

Titik kumpul merupakan tempat berkumpul para penghuni jika di hunian apartemen kalian terjadi masalah kebakaran, dan tempat ini merupakan area terbuka yang aman dari musibah.

  • Alarm kebakaran

Sumber foto : alatpemadamapi.co.id

Alarm merupakan alat yang penting untuk memberikan peringatan kepada setiap penghuni apartemen jika terjadi kebakaran di area gedung apartemen. Alat ini merupakan paling penting dan para penghuni harus siaga dengan suara alarm ini jika berbunyi.

  • Hydran fire

Sumber foto : sbyfiresafety.blogspot.co.id

Hydran fire alat ini biasanya terletak didalam setiap lantai gedung apartemen atau pun di luar gedung apartemen, alat ini berfungsi membantu petugas pemadam ketika sedang memadamkan kebakaran, jika terjadi di area apartemen kalian.

  • Tabung pemadam

Sumber foto : alat-pemadam-kebakaran.co.id

Alat yang satu ini sering kita lihat diarea lorong apartemen tempat kita tinggal, meski bentuknya tak besar alat ini memiliki manfaat yang sangat besar dalam hal memadamkan api ketika dalam sekala yang kecil.

Jadi untuk kalian yang tinggal di apartemen harus mengenal yah alat-alat ini yang ada disekitar hunian kalian.